Lahat, 26 Agustus 2024 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat meraih hasil yang memuaskan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2023. Berdasarkan survei yang dilakukan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Lahat menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Survei yang melibatkan ratusan responden dari masyarakat yang mengurus dokumen di Kabupaten Lahat ini mengungkapkan bahwa IKM Disdukcapil tahun 2023 mencapai angka 82,40 periode triwulan I Januari -Maret, 82,44 periode triwulan II April – Juni, 82,45 periode triwulan III Juli – September, 82,46 periode triwulan IV Oktober – Desember. Angka ini mencerminkan peningkatan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat, termasuk dalam hal kecepatan pelayanan, keterbukaan informasi, serta sikap ramah dan profesional petugas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat Dedi Supriadi. SE,. MM, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh jajaran Disdukcapil yang telah bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan. “Peningkatan IKM ini adalah bukti nyata bahwa upaya kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan telah memberikan hasil yang positif bagi masyarakat. Kami akan terus berupaya untuk menjaga dan bahkan meningkatkan standar pelayanan ini ke depannya,” ujarnya.

Meskipun demikian, survei juga mencatat beberapa area yang memerlukan peningkatan, seperti fasilitas fisik di kantor-kantor Disdukcapil yang masih perlu perbaikan. Menanggapi hal ini, Kepala Dinas menyatakan bahwa pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah perbaikan untuk memastikan seluruh kantor Disdukcapil di Kabupaten Lahat dapat memberikan pelayanan yang optimal.

“Kami menghargai setiap masukan dari masyarakat dan akan menjadikannya sebagai dasar untuk terus melakukan perbaikan. Komitmen kami adalah untuk memberikan layanan yang cepat, transparan, dan memuaskan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat,” tambahnya.

Dengan hasil IKM yang semakin baik, Disdukcapil Kabupaten Lahat berharap dapat terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan, serta menjadi role model bagi instansi kependudukan lainnya di Indonesia. “Kami optimis, dengan kerja keras dan dedikasi, kami bisa mencapai IKM yang lebih tinggi lagi di tahun-tahun mendatang,” pungkas Kepala Dinas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *